Setting Rekening Bank atau Kas

Sebelum anda melakukan pencatatan transaksi kas atau bank masuk atau keluar tentunya pertamakali harus dipersiapkan dulu rekening bank, dibawah ini  adalah langkah-langkah untuk membuat kode rekening bank baru:

  1. Dari menu software akuntansi SIMAK Accounting klik Kas Bank->Rekening
  2. Kemudian klik tombol Tambah apabila tidak muncul tombol tambah anda bisa klik tombol Cancel terlebih dahulu
  3. Kemudian pada field Nomor Rekening isi dengan nomor rekening bank anda sebagai pengenal untuk melakukan pembayaran atau penerimaan bank atau kas (misal: 4421)
  4. Isi Nama Bank misal BANK BCA Nomor Rekening 2121.1212.4421

rekening bank

  1. Kemudian isi informasi yang lain apabila diperlukan, misalnya alamat, kontak person dan lain sebagainya.
  2. Kemudian pilih Jenis untuk mengelompokkan rekening kas atau bank
  3. Selanjutnya adalah pengaturan untuk nomor bukti voucher masuk dan nomor voucher keluar untuk rekening tersebut, silahkan anda klik tombol … titik silahkan atur sesuai kehendak dan diusahakan jangan sampai bentrok kode penoromanya dengan kode rekening lainnya.
  4. Kemudian anda klik tombol Panah untuk memilih akun perkiraan yang sudah dibuat sebelumnya, apabila belum ada silahkan buat terlebih dahulu, anda diharuskan memilih akun ini agar ketika terjadi transaksi kas/bank masuk/keluar terkait langsung secara otomatis dengan jurnal umumnya.
  5. Terakhir silahkan tekan tombol Simpan
  6. Untuk melihat apa yang sudah dibuat dari nomor rekening silahkan tekan tombol Daftar

 

Iklan