Pelunasan Piutang

Pelunasan piutang dilakukan terhadap faktur-faktur penjualan kredit yang belum terbayarkan oleh pelanggan, proses pelunasan piutang bisa dilakukan baik sebagian dari nilai faktur ataupun dibayar seluruhnya sesuai nilai faktur, maka secara otomatis sistim akan mencatat sisa yang belum terbayarkan dalam faktur tersebut.

Dibawah ini adalah langkah yang perlu dilakukan untuk membuat proses pelunasan atau pembayaran piutang oleh pelanggan:

bayar-piutang

  1. Dari menu utama klik menu -> penjualan -> Terima Piutang
  2. Setelah tampil form pengisian pelunasan piutang klik tombol Tambah atau langsung isi field apabila sudah tersedia dimode menambahkan data.
  3. Pertama pilih kode pelanggan dengan klik tombol pelanggan,  setelah pelanggan terpilih maka secara otomatis sistim akan menampilkan faktur-faktur penjualan yang belum lunas di daftar faktur dibawah.
  4. Tanggal bayar akan terisi mengikuti tanggal komputer, anda bisa mengubah tanggal ini secara manual ketanggal yang diinginkan.
  5. Kemudian klik pilihan metode pembayaran, tersedia tiga pilihan yaitu: GIRO, CASH atau TRANSFER
  6. Kemudian klik rekening penerima, pilihan nomor rekening bank atau kas bisa anda seting dalam menu banking->nomor rekening
  7. Klik nomor bukti/voucher akan terisi otomatis dengan nomor urut selanjutnya apabila anda sudah membuat seting penomoran dari tiap rekening yang dipilih, baik untuk nomor penerimaan ataupun pengeluaran mempunyai nomor sendiri.
  8. Apabila dibayarkan dengan GIRO silahkan isi nomor giro, bank dan tanggal jatuh tempo giro
  9. Kemudian isi kode mata uang dan kurs hari ini.
  10. Isi jumlah uang yang diterima dari pelanggan.
  11. Tahap selanjutnya adalah memilih faktur-faktur yang akan dibayarkan baik secara pembayaran penuh atau pembayaran sebagian, apabila dibayarkan secara penuh maka anda tinggal contreng pada kolom pilih, maka secara otomatis jumlah bayar akan diisi dengan jumlah sisa dari faktur tersebut.
  12. Apabila anda membayar sebagian atas faktur tersebut silahkan diketik dikolom bayar sesuai jumlah yang diinginkan kemudian tekan enter.
  13. Apabila sudah selesai memilih faktur yang ingin anda bayar, silahkan tekan tombol Simpan.
  14. Proses menyimpan pelunasan piutang ini apabila berhasil maka sistim secara otomatis akan mencatatkan di modul kas/bank sebagai kas masuk, anda bisa melihat voucher tersebut di modul kas/bank masuk atau bisa klik tombol Kas Masuk.
  15. Silahkan anda perhatikan di form kas masuk apabila sudah benar anda bisa klik tombol posting dan melihat jurnal kas masuk dengan menekan tombol CTRL+Z atau tekan menu options->lihat jurnal kas masuk
  16. Apabila anda ingin mencetak bukti kas masuk/kwitansi silahkan anda tekan tombol print dan pilih bentuk kwitansi yang diinginkan.
Iklan