Membuat Faktur Pembelian

Pada halaman ini kita akan membuat faktur pembelian atas nomor PO yang sudah diterima barangnya yang dikirim oleh supplier untuk dicatatkan sebagai surat hutang pembelian yang merupakan tagihan yang harus kita bayar sesuai kesepakatan termin pembayaran.

Untuk membuat faktur pembelian atas nomor PO syarat utamanya adalah barang yang kita pesan sudah kita terima dari supplier.

Dari menu pembelian anda bisa memilih menu purchase order kemudian kita cari PO yang sudah kita terima barangnya, biasa nya tagihan dari supplier berbarengan datangnya dengan surat jalan pengiriman barang.

Untuk mencari nomor po anda bisa juga lewat menu options->daftar transaksi kemudian tentukan supliernya kemudian klik tombol refresh.

pocari

  • Doubleklik pada nomor PO yang diinginkan setelah tampil selanjutnya klik tombol Buat Faktur
  • Setelah menekan tombol buat faktur akan ditampilkan data penerimaan barang, apabila tidak ada penerimaan atau PO belum diterima barangnya anda tidak bisa membuat faktur pembelian atau pencatatan hutang.

pofaktur

  • Silahkan conteng pada nomor bukti penerimaan atau select all (2)
  • Kemudian klik tombol Proses (3) untuk mulai membuatkan faktur pembelian
  • Maka secara otomatis hutang supplier akan bertambah yang bisa anda periksa di laporan sisa hutang supplier

fakturbeli

  • Untuk melihat saldo hutang perinvoice bisa anda lihat di menu pembelian->Lapran->Daftar Sisa Hutang per Invoice yang tampak seperti berikut ini.

daftarsisahutang.jpg

 

daftarsisahutanglaporan

Iklan