Membuat Koneksi SQL Server

Simak Accounting bisa bekerja menggunakan database Ms Access ataupun SQL Server 2000.

Untuk transaksi yang jarang /sedikit menggunakan database MsAccess tentu sudah cukup, namun apabila transaksi anda sering terjadi maka anda perlu sediakan server khusus untuk melayani beberapa komputer client biasanya diatas 10 klien tentu harus menggunakan Window Server OS dan database SQL Server 2000.

Berikut ini adalah cara membuat koneksi ODBC untuk database server SQL Server 200, silahkan diikuti.

Apabila anda menggunakan WIndows7 64bit odbc ini bisa dijalankan di folder c:\windows\syswow64\odbcad32.exe

odbc1

 

  • Klik windows START -> Control Panel -> System Security -> Administrative Tools ->  kemudian pilih DataSource (ODBC)
  • Setelah tampil kotak odbc silahkan diklik tombol Add

odbc2

  • Setelah itu akan tampil kotak untuk nambah odbc baru seperti ini dan pilih jenis database SQL Server dalam list tersebut

odbc3

 

Kemudian klik Finish dan muncul kotak selanjutnya untuk memberi nama koneksi yang nantinya di program simak dapat anda pilih ketika klik open my company.

Isi Name bebas, kemudian server isi dengan IP/Nama server yang terinstall program SQL Server, kemudian klik tombol Next.

odbc4

Apabila sudah sukses terkoneksi dengan sql server selanjutnya muncul inputan user login ssql server, pilih With SQL Server authentication, kemudian isi login kis password kis seperti gambar berikut ini.

Apabila gagal koneksinya hubungi admin server atau mungkin user kis belum dibuatkan diservernya.

odbc5

Selanjutnya pada pilihan database akan terisi dengan database yang tersedia, misalnya anda pilih database mydata. kemudian klik next sampai finish.

Koneksi bisa saja gagal karena seting berbeda bisa anda coba dengan klik tombol client configration ~consult admin server~

odbc6

Apabila sudah sukes dibuat silahkan buka simaknya kemudian klik tombol open my company dan pilih nama odbc yang barusan dibuat (misal: server)

Selamat bekerja.

 

 

 

Iklan