Studi Kasus Perusahaan Dagang

TALAGA STORE adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang usaha penjualan barang-barang dan peralatan kantor. Perusahaan ini telah berjalan lama dan memiliki outlet yang tersebar di seluruh provinsi, tetapi sistim pembukuannya masih menggunakan manual atau bisa dikatakan tidak menggunakan pembukuan secara baik dan benar, sehingga apabila diminta oleh pihak manajemen untuk melihat laporan transaksi ataupun laporan akuntansi seperti Neraca dan Laba Rugi, semua bagian akuntansi akan selalu sibuk dan kerja lembur mengumpulkan semua bukti-bukti transaksi kemudian dihitung menggunakan aplikasi spreadsheet seperti Ms Excel. Paling tidak laporan tersebut berhasil di sajikan dalam waktu 1 minggu.

Hari ini perusahaan tersebut berniat menggunakan software SIMAK Accounting untuk mencatat semua kegiatan transaksi perusahaan yang meliputi faktur-faktur penjualan, pembelian, nota kredit, voucher kas dan lain sebagainya.

Untuk kebutuhan tersebut tentunya harus dipersiapkan dulu saldo akhir dari beberapa master yang harus ada, diantaranya:

  1. Daftar Kode Perkiraan.
  2. Daftar Kode Pelanggan.
  3. Daftar Kode Supplier.
  4. Daftar Kode Barang.
  5. Daftar Kode Rekening Bank.
  6. Daftar Kode Salesman.
  7. Daftar Kode Aktiva Tetap.

Daftar Kode Perkiraan

 

 Saldo  Posisi
 1  Aktiva
 11    Aktiva Lancar
 11000    Cash 1.000.000                                 –  Debit
 11001    BCA Cab. Jakarta 10.000.0000                                 –  Debit
 11002    BCA Cab. Bandung 5.000.000                                 –  Debit
 11003    Bank Mandiri 20.000.000                                 –  Debit
 13200    Piutang Dagang 15.000.000                                 –  Debit
 13700    Persediaan 15.000.000                                 –  Debit
 13800    Biaya dibayar dimuka I pa                                  –  Debit
 14000    Uang muka penjualan                                  –  Debit
 19001    Ayat Silang                                  –  Debit
 12    Aktiva Tetap
 15150    Gedung 120.000.000                                 –  Debit
 15151    Akumulasi Depr. Gedung (1.000.000)                                 –  Debit
 15200    Peralatan 50.000.000                                 –  Debit
 15201    Akumulasi Depr. Peralatan (500.000)                                 –  Debit
 15230    Kendaraan 200.000.000                                 –  Debit
 15231    Akumulasi Depr. Kendaraan (1.000.000)                                 –  Debit
 2  Kewajiban
 21    Hutang Lancar
 21000    Hutang Dagang 25.000.000                                 –  Credit
 21700    PPN                                  –  Credit
 3  Modal
 33    Modal
 30100    Laba (Rugi) berjalan 500.000                                 –  Credit
 30200    Laba (Rugi) ditahan 399.000.000                                 –  Credit
 30400    Modal                                  –  Credit
 30500    Prive                                  –  Credit
 4  Pendapatan
 41    Pendapatan
 40005    Penjualan                                  –  Credit
 44000    Potongan Penjualan                                  –  Credit
 45000    Ongkos Angkut                                  –  Credit
 46000    Lain-lain                                  –  Credit
 5  Harga Pokok Penjualan
 51    Harga Pokok Penjualan
 50001    Harga Pokok Penjualan                                  –  Debit
 50002    Ongkos Angkut Pembelian                                  –  Debit
 50003    Potongan Pembelian                                  –  Debit
 51002    Harga Pokok Penjualan Konsinyasi                                  –  Debit
 6  Biaya
 61    Biaya
 60350    Biaya Bank                                  –  Debit
 60700    Biaya Kirim                                  –  Debit
 60720    Biaya Penyusutan                                  –  Debit
 62160    Biaya Marketing                                  –  Debit
 65250    Biaya Gaji                                  –  Debit
 65400    Biaya Promosi                                  –  Debit
 66352    Biaya Telphone                                  –  Debit
 7  Pendapatan Lain-lain
 71    Pendapatan Lain-lain
 66351    Biaya Pajak                                  –  Credit
 8  Biaya Lain-lain
 81    Biaya Lain-lain
 81001    PPH                                  –  Debit

 

 

 

DAFTAR  KODE SUPPLIER

 

Kode Nama Supplier Alamat  Saldo
AY-01 Alexindo, PT Jl. Pluit Raya B8 No.12  , Jakarta Utara         230,000.00
BB-02 Bina Baru, CV Jl. Beringin F10 Komp. Pertamina,Tanjung Priuk.         200,000.00
DV-03 Duhita Veem, PT Jl. Manggis No.23A  Tanjung Duren, Jakarta Barat.         500,000.00
JP-06 Jasamas Prima, PT Jl. P.Jayakarta No.129, Jakarta Pusat      1,500,000.00
JS-05 Jasa Sentosa, PT Jl. Kapuk Muara Komp DHI, Jakarta Utara      3,000,000.00
MRT-08 Mintra Intrans, PT Jl. Raya Enggano 5  Tanjung Priuk, Jakarta Utara      5,000,000.00
SJT-11 Sarijasa Trans, PT Jl. Padamarang No.2 Pos III  Tj Priuk , Jakarta Utara         700,000.00
PLN PLN Cabang Jakbar Jl. Bandengan Utara No.81, Jakarta Barat      3,000,000.00
SXI-10 Samudra Express,PT Komplek Ruko Sunter Nirwana Asri, Jakarta Utara         870,000.00

                                                                                                                                TOTAL                                   15,000,000.00

DAFTAR KODE PELANGGAN

 

Kode Nama Pelanggan Alamat  Saldo
Ac Andry Chandra, PD Jl. Kalianak barat No.108 C, Surabaya          10,000.00
Anry Andika Raya, UD Jl. Bali No. 25, Makassar      1,500,000.00
Ba Budi Asih, CV Jl. Wahid Hasyim No. 220 Tanah Abang Jakarta      2,019,000.00
Cp Cipta Pratama, CV Jl. Lintas Sumatra KM 0  ,Sumatra      2,090,000.00
Da Danu Arta, PT Jl. Kaliurip selatan 50 , Surabaya         400,000.00
Datainfo Datainfo, PT Jl. Ngemplak No. 16 , Surabaya    10,000,000.00
Mandiri Mandiri Infotama, PT Jl. Raya Jiwo Permai No. 72 , Surabaya      4,500,000.00
NetAk Network Akses, PT Jl. Kebon Jeruk No. 56 , Jakarta Barat      1,000,000.00
Skr Sakura, Sakura Jl. Raya karang Lo No.30 Kec Cilongok Purwokerto      3,451,000.00
Solin Solusi Integrasi, PT Jl. Batu Jajar No.23 Jakarta Pusat , Jakarta Pusat          30,000.00

Total:                    25,000,000.00

DAFTAR KODE BARANG

 

Kode Nama Barang Kelompok  Qty Satuan  H Jual   H Pokok 
1001 Aqua Gelas 500 ml Minuman 100 Pcs               500.00         460.00
1002 Mizone Botol Minuman 150 Pcs 5,000.00 4,500.00
2001 Beras Pandan Wangi 5 kg Bahan 200 kg          39,500.00     35,000.00
2002 Terigu Segitiga Biru 1 kg Bahan 300 kg 20,000.00 15,000.00
3001 Rosary Aceton 50 ml Obat 100 Botol          10,000.00       7,500.00
3002 Paramex Tablet Obat 500 Tablet 2,000.00 1,500.00
4001 Swallow Sdl. Jepit 9 Pakaian 80 Pcs            8,000.00       6,450.00
4002 T-Shirt XMan XL Pakaian 100 Pcs 50,000.00 45,000.00
5001 Antenna UHF Elektronik 50 Pcs          87,500.00     64,000.00
5002 RCA Cable Cabang Elektronik 240 meter          10,000.00     84,000.00
5003 Over Steker Zodiac Elektronik 500 Pcs          12,500.00     10,000.00
6001 Flashdisk 2 Gb Komputer 200 Pcs 200,000.00 150,000.00
6002 Tinta Printer EPSON Komputer 140 Pcs        212,500.00   210,000.00
9001 Jasa Pasang Antena Jasa 0 Pcs 60,000.00 50,000.00
9002 Jasa Pembuatan Kue Jasa 0 Pcs          50,000.00     48,000.00

 

Kebijakan akuntansi

 

Berikut ini rincian kebijakan akuntansi yang digunakan oleh perusahaan

  • Priode akuntansi (tahun buku) berawal pada 1 Januari sampai 31 Desember
  • Persediaan barang dagangan yang diperdagangkan dicatat berdasarkan harga perolehan(cost) dan dinilai dengan menggunakan penilaian persediaan average cost
  • Pembayaran gaji karyawan ditetapkan tanggal 5 pada setiap bulan berjalan, asumsi pada kasus ini biaya gaji karyawan setiap bulan sebesar Rp 4.500.000 (konstan selama setahun)
  • Biaya sewa ruang Rp 2.500.000 per bulan dibayarkan setiap tanggal 10
  • Rekening telfon dan listrik dibayarkan setiap tanggal 18
  • Pembebanan biaya penyusutan per bulan berupa peralatan kantor sebesar Rp. 400.000 dan kendaraan motor Rp. 500.000 dicatat setiap tanggal 25

 

 

Data transaksi selama bulan Januari

 

01 Januari :         Perusahaan membuat surat pesanan pembelian barang kepada Pt. Duhita Veem, pesanan ini diharapkan datang pada tanggal 4, harga dan jumlah quantity yang disepakati dalam purchase order tersebut adalah sebagai berikut:

 

Jenis barang                Jumlah               Harga beli

Aqua Gelas 500 ml           20 pcs               Rp     450

Super Pandan wangi 5 Kg     10 pcs        Rp. 35.000

Rosary Aceton 50 ml         15 botol      Rp.  7.500

Swallow sdl Jepit 9         50 pcs        Rp.  6.450

 

02 Januari :         Perusahaan pembelian barang secara tunai kepada Pt. Alexindo dengan rincian sebagai berikut :

 

Jenis barang                Jumlah               Harga beli

Aqua Gelas 500 ml           10 buah       Rp    450

Swallow Sdl. Jepit 9        30 buah       Rp  6.450

 

03 Januari :         Pt. DataInfo (customer) melunasi seluruh hutangnya kepada perusahaan sebesar 10 juta, hutang ini termasuk hutang awal sebelum menggunakan software.

03 Januari :         Perusahaan menjual barang secara tunai kepada pelanggan cash dengan rincian :

 

Jenis barang        Jumlah               Harga Jual           Diskon

Antenna UHF          1 buah               Rp  87.500           0%

RCA Cable            30 meter      Rp  10.000           5%

 

04 Januari :         Perusahaan menerima barang yang dipesan dari Pt. Duhita Veem (transaksi tanggal 02), tidak ada perubahan jumlah dan harga barang

04 Januari:          Solusi Integrasi, Pt  memasukan pesanan penjualan kepada perusahaan barang-barang sebagai berikut, dan berharap barang tersebut rencananya dikirim tanggal 10.

 

Jenis barang        Jumlah               Harga Jual           Diskon

Antenna UHF          10 buah       Rp  87.500           0%

Over Steker Zodiak   100 buah      Rp. 12.500           10%

RCA Cable            300 meter     Rp  10.000           1%

Flashdisk 2 Gb              2 buah        Rp.200.000           0%

 

05 Januari:          Perusahaan menerima tagihan dari Pt. Duhita Veem  atas barang yang dikirim hari kemarin.

05 Januari :         Perusahaan membayar gaji karyawan untuk bulan Januari sebesar Rp 4.500.000 (transaksi berulang) dari rekening BCA Cab. Jakarta dengan GIRO

06 Januari :         Perusahaan mengembalikan 1 buah Antena UHF (rusak) dengan kode 5001 kepada Jasamas Prima, PT karena barang tersebut rusak maka Jasamas memberikan potongan hutang kepada perusahaan sebesar Rp. 60,000

06 Januari :         Perusahaan mengirimkan barang yang dipesan Solusi Integrasi dengan jumlah barang sebagian kirim, dan juga membuatkan faktur tagihannya atas barang yang dikirim tersebut. Sisa barang tersebut akan dikirim lagi nanti pada tanggal 10.

 

Jenis barang        Jumlah               Harga Jual           Diskon

Antenna UHF          10 buah       Rp  87.500           0%

Over Steker Zodiak   50 buah              Rp. 12.500           10%

RCA Cable            100 meter     Rp  10.000           1%

Flashdisk 2 Gb              2 buah        Rp.200.000           0%

 

07 Januari :         Perusahaan menyetorkan  uang kas ke Bank BCA Jakarta sebesar Rp. 97,500

08 Januari:          Perusahaan menerima pembayaran dengan GIRO yang jatuh temponya tanggal 20 atas faktur barang yang dikirimkan tangal 6 sebesar Rp. 11,737,500.00

 

 

08 Januari :         Perusahaan menjual barang dagangan secara cash dengan rincian sebagai berikut:

 

Jenis barang        Jumlah               Harga Jual           Diskon

Antena UHF           5 buah               Rp  87.500           0%

Over Steker Zodiak   2 buah        Rp. 12.500           0%

Mizone Botol         10 buah              Rp.  5.000           0%

RCA Cable            10 meter      Rp. 10.000           0%

Jasa Pasang Antena   5 buah        Rp. 60.000           10%

Flashdisk 2 Gb              2 buah        Rp.200.000           0%

Tinta Printer Epson  5 buah        Rp.212.000           0%

 

08 Januari :         Perusahaan memberikan ongkos angkut kepada supir Maman Rp. 10,000

09 Januari :         Perusahaan membayar hutang kepada Duhita Veem,PT atas tagihan yang dikirim pada tanggal 5, pembayaran ditransfer lewat bank BCA Jakarta dan jumlah yang dibayar sebagian sebesar Rp. 100,000

10 Januari :         Perusahaan membayar sewa ruang untuk bulan Januari sebesar Rp 2.500.000

11 Januari :         Perusahaan menerima pengembalian sebuah Antena UHF dari transaksi penjualan tunai pada tanggal 08. Perusahaan setuju menerima pengembalian tersebut dan mengembalikan uang sesuai dengan harga beli antena tersebut.

12 Januari :         Perusahaan mengirimkan lagi sisanya barang pesanan untuk Solusi Integrasi dan membuatkan faktur tagihan sejumlah sisa dari pesanan tersebut

13 Januari :         Perusahaan menerima pelunasan piutang dari Solusi Integrasi sebesar Rp 5.500.000 yang dilakukan melalui transfer ke rekening Bank BCA, sisa pembayarannya nanti akhir bulan.

17 Januari :         Perusahaan menjual satu buah sepeda motor (kendaraan) dengan harga jual bersih sebesar Rp 5.500.000. Data historis aktiva yang bersangkutan adalah harga perolehan sebesar Rp 6.000.000 dan telah disusutkan (total akumulasi) sebesar Rp 1.500.000

17 Januari :         Perusahaan menerima tagihan listrik dari PLN sebesar Rp 175.000

18 Januari :         Perusahaan membayar biaya listrik sebesar Rp 175.000 dan telephon sebesar Rp 212.500 (transaksi berulang)

 


Penyelesaian data transaksi

 

SIMAK Accounting adalah sebuah software yang terintegrasi penuh dimulai dari transaksi-transaksi harian sampai pada ujungnya menghasilkan laporan keuangan.

Sebagai software terintegrasi maka semua proses transaksi seperti pembelian, hutang, penjualan, hutang, persediaan, aktiva tetap akan secara otomatis menghasilkan laporan-laporan keuangan seperti neraca dan rugi laba sehingga antar proses bisnis dan jurnal umum selalu ada kaitannya kepada master data kode perkiraan/akun/kode perkiraan.

 

Membuat Database Perusahaan Baru

 

Untuk memulai bekerja dengan SIMAK Accounting tentunya anda perlu membuat sebuah file/database perusahaan baru dimana data tersebut akan dipakai dalam semua kegiatan transaksi pembelian, penjualan, hutang piutang dan lain sebagainya.

 

Membuat Kode Perkiraan

 

 

Jadi sebelum melakukan semua transaksi penjualan atau pembelian hendaknya disediakan master data kode perkiraan diawal yang sudah di set dengan baik dan benar baik dalam pengkodean atau susunan kode perkiraan, jangan pernah mengganti kode perkiraan tersebut ketika sudah mulai memasukkan transaksi penjualan atau pembelian.

Contoh diatas adalah susunan kode perkiraan secara umum, anda bisa mengubah atau menambah susunan tersebut yang sesuai dengan jenis dan kebijakan pencatatan akuntansi di perusahaan anda.

Sususan kode perkiraan di bagi kedalam 2 bagian, yaitu kelompok akun (huruf tebal) dan kode perkiraan (tidak dicetak tebal).

Pertama yang harus dilakukan adalah menyusun kelompok akun terlebih dahulu, klik menu Accounting->Chart of accounts – Kode Perkiraan

 

  1. Untuk membuat kelompok perkiraan 11 – Aktiva Lancar anda klik pada jenis perkiraan 1 – Aktiva kemudian klik tombol Tambah
  2. Klik pilih Jenis Perkiraan Aktiva
  3. Berkait ke jenis diisi 0 maksudnya adalah menandakan bahwa kelompok ini adalah sebaga induk bagi kelompok dibawahnya dengan sama jenis sebagai aktiva.
  4. Kode Kelompok diisi 11 menandakan bahwa kelompok ini adalah anak dari jenis akun 1 – aktiva
  5. Isi Nama Kelompok dengan Aktiva Lancar
  6. Klik tombol Simpan untuk menyimpan kode kelompok baru atau menyimpan perubahan
  7. Klik tombol Refresh untuk meyakinkan bahwa data baru sudah masuk.

Selanjutnya anda membuat kode perkiraan baru untuk kelompok aktiva lancar, bagian kode perkiraan ini nampak dalam table yang ada disebelah kanan kelompok akun, perlu diperhatikan bahwa kode perkiraan ini yang nanti akan muncul dalam pilihan-pilihan kode perkiraan nanti.

 

 

Setelah kelompok akun terbuat langkah selanjutnya membuat kode perkiraan untuk kelompok akun tersebut, untuk membuat kode perkiraan silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik pada kelompok perkiraan disebelah kiri 11 – Aktiva Lancar maka disebelah kanan akan terisi kode perkiraan yang termasuk kelompok akun ini.
  2. Klik tombol Tambah yang ada disebelah kanan
  3. Selanjutnya akan tampil form untuk pengisi data kode perkiraan
  4. Pilih jenis akun Aktiva dan kelompok Aktiva Tetap
  5. Ketik kode akun 1100 dan nama perkiraan Cash
  6. Isi saldo awal kalau ada dan posisi debet
  7. Jangan lupa contreng aktif
  8. Setelah selesai tekan tombol Simpan

 

Selanjutnya buatlah kode-kode perkiraan dan kelompok seperti daftar kode perkiraan dihalaman sebelumnya.

 

Setelah kode-kode perkiraan dibuat selanjutnya anda mengaitkan kode perkiraan tersebut ke seting global kode perkiraan di menu Setting->setting system->setting akuntansi , kemudian isi dan pilih kode perkiraan yang sesuai dengan fieldnya.

 

Membuat Kode Supplier

 

Langkah selanjutnya untuk persiapan transaksi hutang dan pembelian yang anda perlukan pertama kali adalah data-data supplier, silahkan buat data di daftar supplier dihalaman sebelumnya dengan cara.

  1. Dari menu utama pembelian klik sub menu supplier/vendor
  2. Selanjutnya akan tampil form untuk input data-data supplier, klik tombol Tambah kalau tombol tambah tidak tampil klik tombol Batal terlebih dahulu.
  3. Isi kode supplier AY-01 dan nama supplier Alexindo, PT
  4. Kemudian isi alamat Jl. Pluit Raya B8 No.12 Jakarta Utara
  5. Isi kota, Negara, telp,email dan lain sebagainya
  6. Untuk field sisa hutang dan hutang awal dibiarkan kosong terlebih dahulu, nanti saldo akan diisi lewat pembuatan saldo awal hutang di menu options->proses saldo awal hutang. Atau membuat sebuah faktur pembelian kredit saldo untuk supplier tersebut.
  7. Setelah selesai input data klik tombol Simpan
  8. Lakukan input data supplier seperti daftar supplier diatas.

 

Membuat Kode Pelanggan

 

Untuk membuat kode pelanggan/customer silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Dari menu utama penjualan klik sub menu Pelanggan/Customer
  2. Isi kode Ac dan nama pelanggan Adry Chandra Pd
  3. Kemudian isi alamat dan informasi lainnya
  4. Untuk saldo biarkan dikosongkan terlebih dahulu
  5. Saldo awal bisa diinput lewat menu options->proses saldo awal piutang atau lewat transaksi faktur penjualan kredit dan pilih kode item SALDO.
  6. Setelah selesai tekan tombol Simpan.
  7. Lakukan input seperti daftar pelanggan diatas.

 

 

DATA TRANSAKSI

 

01 Januari :         Perusahaan membuat surat pesanan pembelian barang kepada Pt. Duhita Veem, pesanan ini diharapkan datang pada tanggal 4, harga dan jumlah quantity yang disepakati dalam purchase order tersebut adalah sebagai berikut:

 

Jenis barang                Jumlah               Harga beli

Aqua Gelas 500 ml           20 pcs               Rp     450

Super Pandan wangi 5 Kg     10 pcs        Rp. 35.000

Rosary Aceton 50 ml         15 botol      Rp.  7.500

Swallow sdl Jepit 9         50 pcs        Rp.  6.450

 

  • Klik menu pembelian->purchase order kemudian klik tombol tambah
  • Pilih tanggal 1 Januari kemudian pilih supplier pt. duhita
  • Pada bagian table barang pilih barang-barang diatas beserta quantity dan harga
  • Klik tombol simpan dan print

 

02 Januari :         Perusahaan pembelian barang secara tunai kepada Pt. Alexindo dengan rincian sebagai berikut :

 

Jenis barang                Jumlah               Harga beli

Aqua Gelas 500 ml           10 buah       Rp    450

Swallow Sdl. Jepit 9        30 buah       Rp  6.450

 

  • Klik menu pembelian->faktur pembelian kontan kemudian klik tombol tambah
  • Pilih tanggal 1 januari dan pilih supplier pt. alexindo
  • Pada table barang pilih barang-barang diatas beserta quantity dan harganya
  • Klik tombol simpan dan print
  • Untuk memastikan data sudah tersimpan klik tombol daftar

 

03 Januari :         Pt. DataInfo (customer) melunasi seluruh hutangnya kepada perusahaan sebesar 10 juta, hutang ini termasuk hutang awal sebelum menggunakan software.

 

  • Klik menu penjualan->terima piutang
  • Isi tanggal 3 januari kemudian pilih pelanggan pt. datainfo
  • Selanjutnya untuk menampung pembayarannya pilih rekening kas atau bank
  • Setelah itu klik field nomor bukti agar memakai nomor voucher selanjutnya dari rekening tersebut.
  • Nanti di daftar bawah piutang yang belum dibayar pada nomor faktur SLD-XXX isi jumlah 10 juta
  • Kemudian klik tombol proses
  • Untuk memastikan anda bisa melihat laporan sisa piutang pelanggan

 

03 Januari :         Perusahaan menjual barang secara tunai kepada pelanggan cash dengan rincian :

 

Jenis barang        Jumlah               Harga Jual           Diskon

Antenna UHF          1 buah               Rp  87.500           0%

RCA Cable            30 meter      Rp  10.000           5%

 

  • Klik menu penjualan->faktur penjualan kontan kemudian klik tombol tambah
  • Pilih tanggal 3 januari kemudian pelanggannya pilih cash
  • Pada detail barang pilih barang-barang tersebut
  • Terus kliik tombol simpan
  • Untuk melihat output transaksi ini bisa dilihat di menu kas bank->kas masuk nomor faktur tersebut.

 

 

04 Januari :         Perusahaan menerima barang yang dipesan dari Pt. Duhita Veem (transaksi tanggal 02), tidak ada perubahan jumlah dan harga barang

 

  • Klik menu inventory->receipt po
  • Pilih tanggal 4 dan pilih gudang kemudian pilih kode supplier pt. duihta
  • Kemudian pilih nomor po yang dating yang terkait ke pt duhita.
  • Setelah dipilih nomor po maka data barang yang dipesan akan tampil di detail
  • Apabila quantity barang yang diterima tidak sesuai dengan quatity yang diterima bisa anda ketika dikolom terima
  • Setelah itu klik tombol simpan
  • Untuk melihat apakah barang sudah nambah bisa di print kartu stock salah satu barang tersebut di master barang pada tab financial kemudian load transaksi.

 

04 Januari:          Solusi Integrasi, Pt  memasukan pesanan penjualan kepada perusahaan barang-barang sebagai berikut, dan berharap barang tersebut rencananya dikirim tanggal 10.

 

Jenis barang        Jumlah               Harga Jual           Diskon

Antenna UHF          10 buah       Rp  87.500           0%

Over Steker Zodiak   100 buah      Rp. 12.500           10%

RCA Cable            300 meter     Rp  10.000           1%

Flashdisk 2 Gb              2 buah        Rp.200.000           0%

 

  • Klik menu penjualan->sales order kemudian klik tombol tambah
  • Pilih tanggal 4  dan pilih pelanggan pt solusi
  • Pada bagian detail pilih barang beserta quantity dan diskonnya
  • Setelah selesai klik tombol simpan dan cetak buat bukti ke pelanggan

 

05 Januari:          Perusahaan menerima tagihan dari Pt. Duhita Veem  atas barang yang dikirim hari kemarin.

 

  • Klik menu pembelian->faktur pembelian kredit kemudian klik tombol tambah
  • Pilih tanggal 5 dan pilih supplier pt. duhita
  • Kemudian klik tombol options->buat faktur dari purchase order
  • Pilih nomor po yang dibuat sebelumnya, yang ditampilkan disini adalah  nomor po yang sudah diterima barangnya saja
  • Maka secara otomatis kode barang yang terkait ke nomor po tersebut akan terisi di bagian detail
  • Selanjutnya anda periksa tagihan supplier tersebut dan koreksi apabila ada perubahan harga ataupun discount disesuaikan dengan tagihan yang dating
  • Selanjutnya klik tombol simpan
  • Anda bisa lihat laporan saldo hutang akan bertambah di laporan sisa hutang supplier detail.

 

 

05 Januari :         Perusahaan membayar gaji karyawan untuk bulan Januari sebesar Rp 4.500.000 (transaksi berulang) dari rekening BCA Cab. Jakarta dengan GIRO

 

  • Klik menu kas bank -> kas keluar kemudian klik tombol tambah
  • Kemudian pilih jenis transaksi cheque untuk transksi dengan giro
  • Selanjutnya pilih tanggal 5 , kemudian isi nomor giro  beserta tanggal jatuh tempo giro cair.
  • Pilih kode rekening  kas atau bank sebagai penampung untuk jumlah dikeluarkan
  • Setelah memilih rekening klik nomor bukti maka sistim akan mencari nomor selanjutnya untuk transaksi kas keluar ini
  • Pada field dikeluarkan untuk diketik saja karyawan gak usah klik tombol pilihan
  • Pada field memo ketikkan pembayaran gaji karyawan bualn januari
  • Selanjutnya pada bagian detail pilih akun atau kode perkiraan gaji karyawan biasanya kalau biaya depannya kode 6 kalau belum ada bisa dibuat terlebih dahulu di kode perkiraan
  • Kemudian isi jumlah yang dikeluarkan 4.5juta
  • Setelah selesai klik tombol smpan

 

06 Januari :         Perusahaan mengembalikan 1 buah Antena UHF (rusak) dengan kode 5001 kepada Jasamas Prima, PT karena barang tersebut rusak maka Jasamas memberikan potongan hutang kepada perusahaan sebesar Rp. 60,000

 

  • Klik menu pembelian->retur pembelian kemudian klik tambah
  • Pilih tanggal 6 dan pilih nama supplier jasamas
  • Kemudian pilih nomor faktur pembelian yang terkait ke supplier tersebut
  • Pada bagian detail pilih barang antenna Uhf
  • Kemudian klik tombol simpan
  • Karena harga antenna 64 ribu maka kekurangannya 4 ribu dicatat di transaksi debit memo

 

06 Januari :         Perusahaan mengirimkan barang yang dipesan Solusi Integrasi dengan jumlah barang sebagian kirim, dan juga membuatkan faktur tagihannya atas barang yang dikirim tersebut. Sisa barang tersebut akan dikirim lagi nanti pada tanggal 10.

 

Jenis barang        Jumlah               Harga Jual           Diskon

Antenna UHF          10 buah       Rp  87.500           0%

Over Steker Zodiak   50 buah              Rp. 12.500           10%

RCA Cable            100 meter     Rp  10.000           1%

Flashdisk 2 Gb              2 buah        Rp.200.000           0%

 

  • Klik menu penjualan->surat jalan kemudian klik tambah
  • Kemudian pilih tanggal 6 dan pilih pelanggan solusi integrasi
  • Terus pilih nomor So yang sudah dibuat sebelumnya maka secara otomatis nama barang atas nomor so tersebut akan ditampilkan ketika memilih barang
  • Isi quantity yang dikirim hari ini di kolom quantity
  • Setelah selesai klik tombol simpan

 

07 Januari :         Perusahaan menyetorkan  uang kas ke Bank BCA Jakarta sebesar Rp. 97,500

 

  • Klik menu kas bank kemudian pilih transaksi mutasi rekening dan klik tombol tambah
  • Pilih tanggal dan isi jumlah disetorkan 97ribu
  • Kemudian sumber rekening pilih kAS dan tujuan rekening Bca
  • Setelah itu klik tombol simpan
  • Laporan bisa dilihat di transaksi mutasi kas bank

 

08 Januari:          Perusahaan menerima pembayaran dengan GIRO yang jatuh temponya tanggal 20 atas faktur barang yang dikirimkan tangal 6 sebesar Rp. 11,737,500.00

  • Klik menu penjualan->terima piutang kemudian klik tombol tambah
  • Kemudian pilih cheque pada pada metode pembayaran
  • Pilih nomor rekening untuk menampung pembayaran tersebut
  • Sorot nomor voucher akan secara otomatis terisi nomor selanjutnya untuk rekening tersebut
  • Pilih pelanggan solusi integrasi maka secara otomatis nomor faktur penjualan akan ditampilkan
  • Isi jumlah penerimaan 11juta dikolom bayar pada nomor  faktur tersebut.
  • Klik tombol proses.
  • Silahkan lihat laporan sisa piutang pelanggan tersebut.

 

08 Januari :         Perusahaan menjual barang dagangan secara cash dengan rincian sebagai berikut:

 

Jenis barang        Jumlah               Harga Jual           Diskon

Antena UHF           5 buah               Rp  87.500           0%

Over Steker Zodiak   2 buah        Rp. 12.500           0%

Mizone Botol         10 buah              Rp.  5.000           0%

RCA Cable            10 meter      Rp. 10.000           0%

Jasa Pasang Antena   5 buah        Rp. 60.000           10%

Flashdisk 2 Gb              2 buah        Rp.200.000           0%

Tinta Printer Epson  5 buah        Rp.212.000           0%

  • Klik menu penjualan->faktur kontan kemudian klik tombol tambah
  • Pilih tanggal dan pelanggan cash
  • Pada bagian detail pilih nama barang diatas beserta quantity dan discountnya
  • Klik tombol simpan

 

08 Januari :         Perusahaan memberikan ongkos angkut kepada supir Maman Rp. 10,000

  • Klik menu kas bank -> kas keluar klik tombol tambah
  • Pilih metode cash in
  • Pilih tanggal dan pilih nomor rekening KAS
  • Isi jumlah 10,000
  • Ketik diterima oleh supir maman
  • Isi memo ongkos angkut supir maman
  • Kemudian klik tombol simpan

 

09 Januari :         Perusahaan membayar hutang kepada Duhita Veem,PT atas tagihan yang dikirim pada tanggal 5, pembayaran ditransfer lewat bank BCA Jakarta dan jumlah yang dibayar sebagian sebesar Rp. 100,000

  • Klik menu pembelian -> bayar hutang kemudian tambah
  • Pilih metode trans in
  • Pilih nomor rekening BCA
  • Pilih tanggal dan pilih supplier pt duhita
  • Setelah supplier dipilih akan tampil semua faktur yang belum lunas untuk supplier tersebut
  • Pada kolom jumlah isi 100ribu
  • Kemudian klik tombol simpan
  • Lihat laporan sisa hutang supplier detail untuk memastikan pembayaran sudah masuk.

 

10 Januari :         Perusahaan membayar sewa ruang untuk bulan Januari sebesar Rp 2.500.000

  • Klik menu kas bank -> kas keluar kemudian klik tambah
  • Pilih metode cash out dan pilih rekening KAS
  • Kemudian pilih tanggal
  • Isi diterima oleh ketikkan sewa
  • Isi memo dengan membayar sewa ruang
  • Pada pilihan akun perkiraan pilih biaya sewa apabila akun belum tersedia buatkan di kode perkiraan
  • Klik tombol simpan

11 Januari :         Perusahaan menerima pengembalian sebuah Antena UHF dari transaksi penjualan tunai pada tanggal 08. Perusahaan setuju menerima pengembalian tersebut dan mengembalikan uang sesuai dengan harga beli antena tersebut.

  • Klik menu inventory -> terima lainnya kemudian klik tombol tambah
  • Pilih gudang dan pilih tanggal
  • Pilih jenis transaksi retur pelanggan
  • Pilih pengirim dengan pelanggan cash
  • Pilih atau ketika nomor faktur penjualan
  • Kemudian klik tombol simpan
  • Kemudian buatkan satu lagi transaksi kas keluar ketika mengembalikan uang ke pelanggan tersebut.

 

12 Januari :         Perusahaan mengirimkan lagi sisanya barang pesanan untuk Solusi Integrasi dan membuatkan faktur tagihan sejumlah sisa dari pesanan tersebut.

  • Klik menu penjualan -> surat jalan kemudian klik tombol tambah
  • Pilih tanggal dan pelanggan solusi integrasi
  • Kemudian pilih nomor so yang diproses, secara otomatis nama barang yang belum dikirim akan ditampilkan di bagian detail
  • Isi quantity yang dikirim di kolom kirim
  • Kemudian klik tombol simpan
  • Lihat kartu stock

13 Januari :         Perusahaan menerima pelunasan piutang dari Solusi Integrasi sebesar Rp 5.500.000 yang dilakukan melalui transfer ke rekening Bank BCA, sisa pembayarannya nanti akhir bulan.

  • Klik menu penjualan -> terima piutang klik tombol tambah
  • Pilih metode pembayaran transfer dan pilih nomor rekening BCA
  • Pilih tanggal dan pilih pelanggan solusi integrasi

 

17 Januari :         Perusahaan menjual satu buah sepeda motor (kendaraan) dengan harga jual bersih sebesar Rp 5.500.000. Data historis aktiva yang bersangkutan adalah harga perolehan sebesar Rp 6.000.000 dan telah disusutkan (total akumulasi) sebesar Rp 1.500.000

17 Januari :         Perusahaan menerima tagihan listrik dari PLN sebesar Rp 175.000

18 Januari :         Perusahaan membayar biaya listrik sebesar Rp 175.000 dan telephon sebesar Rp 212.500 (transaksi berulang)

Iklan